Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17

Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17

Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Dunia Olahraga, Liga 1 Indonesia 2017 atau sebelumnya lebih dikenal dengan Indonesia Super League (ISL), kompetisi divisi teratas sepak bola di Indonesia. Total 18 tim bersaing dalam se-musim ini untuk mendapatkan 1 tim yang terakhir pada peringkat teratas klasemen, agar dapatkan tiket kesempatan berkompetisi di Kualifikasi AFC Liga Champion 2018 dan persaingan di babak grup AFC Cup 2018.

Bersama dengan urutan teratas, ranking runner-up juga akan mendapat 1 tiket untuk bersaing di babak grup AFC Cup 2018, ditambah ada kemungkinan ranking 3 akan bergabung juga jikalau ranking 1 sudah lolos ke babak grup AFC Liga Champion.


Ada 3 urutan teratas maka akan ada juga 3 urutan terbawah yang harus menerima sanki degredasi atau penurunan level, 3 urutan terbawah akan berkompetisi di Liga 2 musim 2018 depan.


Sudah pertengahan musim, dengan setiap tim sudah menjajaki 1 kali pertemuan melawan tim pesaing lainnya. Kali ini kita akan membahas ringkasan-ringkasan aktivitas di pekan ke-17, Madura United kembali tempati urutan puncak dan Bali United ketat bersaing di bawahnya dengan perolehan 32 poin yang sama.


Anda juga bisa membaca ringkasan tentang aktivitas pekan ke-16 sebelumnya : Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 16



Berikut kita bahas sedikit ringkasan setiap aktivitas pertandingan di pekan 17 dari jadwal pertama hingga akhir penutup pekan ini.



Jumat, 28 Juli 2017


Persela Lamongan 3 - 2 Barito Putera


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Sudah 3 pekan sebelumnya Persela Lamongan belum mendapatkan kemenangan, persaingan yang sengit dari tim lainnya membuat Persela hanya mendapat 2 kali imbang dan ada 1 kali kekalahan dari 3 aktivitas terakhirnya.

Bersusah payah melawan Barito Putera pada aktivitas pekan ke-17 ini, diketahui Barito sudah 2 pekan berhasil menahan imbang 2 tim dari puncak klasemen PSM dan Madura United.

Persaingan kedua tim sangat sengit, Barito yang sudah ketinggalan 1 poin pada menit-menit akhir pun tidak mau menyia-nyiakan waktu. Kartu merah sempat terjadi untuk Aaron Evans bek-nya Barito di menit ke-90'+3, dan hanya bersisa 2 menit untuk laga selesai dengan kemenangan tuan rumah kali ini.

Gol dari Persela Lamongan :
  • José Coelho - menit ke 25' - gelandang serang ini membuka gol pertama untuk keunggulan tuan rumah.
  • Samsul Arif - menit ke 31' - Persela unggul 1 poin pertama, membuat semakin semangat pemainnya dan Samsul Arif memanfaatkan situasi dan menambah keunggulan.
  • Fahmi Al-Ayyubi - menit ke 87' - Barito berhasil menyamakan kedudukan saat ini, hingga pada akhirnya Fahmi berhasil mencetak gol penutup kemenangan timnya.


Gol dari Barito Putera :
  • Gavin Kwan Adsit - menit ke 32' - berselang 1 menit saja dari gol kedua Persela, Barito langsung memberikan serangan balasan, Rizky Pora memberi umpan silang dan disukseskan oleh Gavin lewat sundulan.
  • Rizky Pora - menit ke 81' - masih tertinggal 1 skor, babak kedua Barito lebih aggresif dan berhasil menyamakan kedudukan, gol dari Rizky Pora menyambut umpan matang dari David Laly.




Mitra Kukar 2 - 2 Persiba Balikpapan


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Mitra Kukar tuai 1 poin saja pada aktivitas pekan 17 ini, setelah laga kandangnya harus ditahan imbang oleh tim peringkat terbawah yaitu Persiba Balikpapan. Pekan lalu Mitra Kukar pun tidak berhasil mengumpulkan poin sebagaimana harus ditaklukkan 4-1 oleh Bhayangkara FC.

Mitra Kukar yang tidak ingin mengulangi kesalahan pekan lalu, memang lebih dulu bermain menyerang, namun pertahanan Persiba Balikpapan tampaknya sangat sulit untuk ditembus sang tuan rumah.

Kita ketahui Persiba pekan sebelumnya pun bermain imbang 2-2 melawan Persela Lamongan, sebagaimana Persela sempat kewalahan dan akhirnya bisa menyamakan kedudukan namun tidak berhasil membawa kemenangan.

Laga seperti biasa berlangsung dengan kedua tim pastinya tidak ingin kebobolan dan selalu memberi serangan tidak mau kalah, babak pertama pun hanya berakhir dengan skor 0-0. Skor balas-balasan dengan Mitra Kukar yang memulai gol pertama setelah babak kedua dan pada akhirnya mampu diakhiri Persiba dengan imbang.

Gol dari Mitra Kukar :
  • Marclei Santos - menit ke 55' - setelah babak pertama berakhir tanpa skor, tuan rumah meningkatkan permainan dan mencetak gol oleh umpan terobosan dari Oh In-kyun yang disukseskan Marclei Santos.
  • Mohamed Sissoko - menit ke 73' - posisi skor saat ini sudah berhasil disamakan menjadi 1-1 oleh Barito, Mohamed Sissoko pun menjadi penyumbang skor ke-2 untuk Mitra Kukar setelah menerima umpan silang dari Anindito Wahyu.


Gol dari Persiba Balikpapan :
  • Yudi Khoerudin - menit ke 66' - unggul 1 skor untuk tuan rumah, Persiba langsung berbalik menekan dan dapatkan gol penyeimbang oleh cetakan gol Yudi Khoerudin hasil kerjasama dengan Bijahil Chalwa.
  • Bijahil Chalwa - menit ke 77' - ada Sissoko yang memberikan 1 gol lagi untuk keunggulan tuan rumah, dan Persiba kembali lewat Bijahil Chalwa langsung memberikan balasan 4 menit berselang saja. Skor 2-2 mengakhiri pertandingan.




Sabtu, 29 Juli 2017



Perseru Serui 2 - 1 Persib Bandung


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Untuk kesekian kalinya dari 5 pekan terakhir bersama pekan 17 ini, Persib Bandung kembali mendapat hasil yang mengecewakan. Persib Bandung harus menerima kekalahan dari tim zona merah yaitu Perseru Serui.

Dengan kekalahan pekan ini, Persib catatkan 3 kekalahan laga tandang dan 2 hasil imbang bermain di kandang. Sedangkan sejak terakhir mengalahkan PSM skor tipis 2-1, aktivitas 5 pekan berikutnya Persib Bandung tidaklah memberikan poin penuh.

Sementara untuk Perseru Serui pekan ini akan melakukan 2 kali aktivitas, pertama melawan Persib Bandung ini dan sebagai penutup pekan 17 akan melawan Sriwijaya FC. Perseru Serui dan Sriwijaya FC akan menuntaskan 1 laga tertunda mereka dari pekan ke-12 sebelumnya.

Persib berhasil melewati tekanan dari tuan rumah dengan mengakhiri babak pertama dengan skor 0-0, kedua tim belum berhasil menjebol gawang lain masing-masing.

Gol dari Perseru Serui :
  • Arthur Barrios Bonai - menit ke 64' - tuan rumah tidak henti-hentinya melakukan serangan dan baru membuahkan hasil 1 skor oleh tendangan Arthur Bonai setelah menerima umpan Mariando Uropmabin.
  • Arthur Barrios Bonai - menit ke 86' - sejumlah serangan dari Persib tampak tidak berhasil hingga menit ini, dan Perseru Serui menggandakan keunggulan kembali lewat Arthur Bonai namun kali ini bekerja sama dengan Sílvio Escobar.


Gol dari Persiba Bandung :
  • Shohei Matsunaga - menit ke 90' - hingga ke menit akhir ini Persib tidak kunjung memberikan balasan, kesalahan dari pemain Perseru Serui yang membuat Persib mendapatkan hadiah penalti dan sukses di eksekusi oleh gelandang asal Jepang yaitu Matsunaga.


Skor 2-1 mengakhiri laga ini memberi 1 kemenangan dari 2 aktivitas Perseru Serui pekan ini, sedangkan kekalahan untuk Persib Bandung tidak menaikkan posisinya di klasemen.



Madura United 1 - 0 PSM Makassar


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Hingga ke pekan 14 terakhir lalu, kedua tim ini senantiasa bersaing ketat di 2 teratas klasemen saat itu. Hingga akhirnya PSM mulai dari pekan ke-15 turun menjadi urutan ke-2 dan Madura United yang curi tahta saat itu.

Sebelum melanjut ke pekan 17 ini, PSM pun pada aktivitas pekan 16 turun lagi posisinya menjadi ke urutan ke-5 setelah dikalahkan telak 3-0 oleh Bali United. Sementara pada pekan yang sama Madura sempat turun ke urutan ke-3 karena hanya mendulang hasil imbang melawan Barito Putera.

Namun Madura kembali ambil kendali posisi puncak pekan ke-17, mengalahkan PSM Makassar pada aktivitas ini hanya dengan skor semata wayang 1-0, Madura tambahkan 3 poin dan naik ke urutan pertama dengan total 32 poin.

Posisi Madura terbilang belum aman saat ini di puncak mengingat pekan 17 ini merupakan akhir dari putaran pertama, dan pekan berikutnya adalah awal untuk putaran kedua persaingan pasti semakin sengit. Dan ada Bali United yang saat ini memiliki 32 poin yang sama di urutan 2 serta Persipura yang siap kapan saja mencuri tahta.

Pertandingan hingga ke babak pertama berakhir dengan kedua tim tidak mendapat skor apa-apa, sama-sama kuat menjaga lini belakang mereka dan sama-sama kuat memberikan serangan.

Gol dari Madura United :
  • Greg Nwokolo - menit ke 60' - adalah gol semata wayang dari pemain campuran Nigeria-Indo ini yang membawa Madura United memenangkan aktivitas pekan ini, memanfaatkan sepak pojok dari Slamet Nurcahyono.




Persija Jakarta 1 - 0 Bhayangkara FC


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Kurang beruntung adalah satu gambaran yang tepat untuk Bhayangkara mengakhiri aktivitas pekan 17 ini dengan kekalahan 1 skor saja di menit paling akhir saat laga hampir usai.

Persija Jakarta berhasil mematahkan kemenangan 3 pekan berturut-turut yang diperoleh Bhayangkara FC dengan susah payah terakhir ini. Tidak khayal posisi nomor 2 yang bisa diraih Bhayangkara FC pada pekan lalu, sementara harus berpindah posisi ke tim lain yang sukses menjalani pekan ini.

Bhayangkara FC sudah menjalani laga tandangnya ini semaksimal mungkin, dengan menjaga bersih gawangnya hingga ke menit akhir waktu normal pertandingan 2x45 menit. 

Tanpa disangka dari sedikit waktu tambahan injury time, tuan rumah berhasil memanfaatkan kemelut di seputar gawang Bhayangkara FC yang sudah bersiap ingin mengakhiri laga dengan imbang tanpa skor.

Adalah sundulan dari Bruno Lopes pada menit ke-90'+2 yang berhasil memberikan 1 skor kemenangan tuan rumah Persija pada pekan ini, sundulan ini terjadi berkat adanya peluang sepak pojok yang didapatkan dan dilakukan Rezaldi Hehanusa.

Bhayangkara tidak bisa membayangkan sudah ketatnya penjagaan mereka hingga waktu pertandingan akan berakhir, mampu ditembus oleh sundulan striker asal Brazil nya Persija tersebut dan mengakhiri laga seketika dengan kemenangan 1 skornya.




Minggu, 30 Juli 2017



Sriwijaya FC 2 - 2 Persipura Jayapura


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Sama seperti Perseru Serui, Sriwijaya pun pekan 17 ini akan melakukan 2 kali aktivitas berlaga, sebagaimana keduanya harus menuntaskan 1 laga tunda dari aktivitas pekan ke-12 lalu akibat pihak kepolisian tidak mengizinkan laga dilaksanakan saat itu berhubung masih dalam rangka baru idul fitri.

Jadwal pertama Sriwijaya FC harus menjamu Persipura Jayapura terlebih dahulu, dengan catatan kedua tim dalam 4 pekan terakhir sebelum laga ini tidak menerima hasil kekalahan.

Namun Persipura lebih unggul karena 4 pekan sebelumnya bisa memenangkan 2 laga diantaranya, sedangkan Sriwijaya hanya 1 kali kemenangan dari 4 pekan sebelumnya. Ditambah dari segi klasemen, Persipura juga lebih unggul dengan berada di puncak klasemen pada pekan 16, sedangkan Sriwijaya belum bisa beranjak dari posisi 15 nya sudah 5 pekan lamanya.

Iya benar, Persipura pekan lalu bisa menguasai puncak klasemen, mencuri kekuasaan dari Madura United sementara itu, akibat hasil kemenangannya pekan lalu melawan PS TNI.

Namun pekan 17 ini, Persipura Jayapura tampaknya harus merelakan sementara posisi puncak klasemen untuk kembali ke genggaman Madura United, sebagaimana aktivitas pekan ini berhasil ditahan Sriwijaya dengan hasil imbang 2-2.

Gol dari Sriwijaya FC :
  • Alberto Gonçalves - menit ke 67' - ini adalah skor penyeimbang pertama dari tuan rumah setelah babak pertama berhasil diakhiri Persipura dengan keunggulan 1 skor. Gol dihasilkan oleh pemain asal Brazil yang disapa biasa dengan panggilan Beto, memantapkan sepak pojok dari Tijani Belaïd.
  • Alberto Gonçalves - menit ke 79' - skor saat ini sudah sama kedudukannya, dan kembali lagi Tijani Belaïd bekerja sama dengan Beto untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1.


Gol dari Persipura Jayapura :
  • Addison Alves - menit ke 44' - sebelum mengakhiri laga babak pertama, Addison terlebih dahulu memberi 1 skor keunggulan untuk timnya.
  • Yohanes Pahabol - menit ke 86' - unggul di babak pertama dengan skor 1-0, mampu dibalikkan oleh tuan rumah menjadi 2-1 di babak kedua, untung saja Yohanes Pahabol menjadi penyelamat dan kembali menyeimbangkan kedudukan.


Bagaimanapun Persipura hanya mendapat 1 poin saja dari hasil imbang kali ini, dan masih bersaing ketat di posisi 3 besarnya.



PS TNI 2 - 1 Semen Padang


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


PS TNI mengakhiri putaran pertama pertengahan musim ini dengan kemenangan 2-1 melawan Semen Padang. Tuan rumah PS TNI kesulitan menaikkan posisinya melewati urutan ke-10 terhitung dari pekan 13 lalu.

Pekan lalu PS TNI malah harus turun 1 peringkat menjadi posisi 11 karena kalah 2-1 melawan Persipura, untungnya pekan ini PS TNI bisa menutup aktivitas pertengahan musimnya dengan kemenangan 2-1 menjamu Semen Padang.

Laga ini diwarnai dengan 7 kartu kuning yang dikeluarkan wasit sepanjang pertandingan, dengan 5 diantaranya diberikan kepada tim tuan rumah PS TNI.

Gol dari PS TNI :
  • Eka Ramdani - menit ke 10' - selang 10 menit laga dimulai, PS TNI menandai keunggulannya lewat 1 skor dari Eka Ramdani hasil dari menyambut tendangan besar dari Leonel Núñez.
  • Eka Ramdani - menit ke 39' - masih di babak pertama tuan rumah kembali menggandakan keunggulannya menjadi 2-0, kembali dari Eka Ramdani namun kali ini Ramdani bekerja sama dengan Muhammad Abduh Lestaluhu.


Gol dari Semen Padang :
  • Marcel Sacramento - menit ke 62' - sudah ketinggalan 2 skor dan sudah melewati babak pertama, akhirnya Semen Padang baru bisa memberikan balasan 17 menit setelah babak kedua mulai, gol diciptakan Sacramento setelah menyambar bola liar.




Arema Malang 0 - 0 Pusamania Borneo


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


2 pekan sebelumnya yang kemarau untuk Arema Malang, hanya bisa dibayar dengan 1 poin saja untuk hasil pekan ini. Arema Malang malah ditahan imbang oleh Borneo FC tanpa produktivitas gol sama sekali.

Borneo FC diketahui tidak pernah kalah sejauh putaran pertama di dalam kandangnya berlaga, namun lain halnya dengan laga tandangnya. Klub sepak bola asal Samarinda Kalimantan Timur ini sejauh 10 kali laga tandangnya belum pernah menerima kemenangan.

Adapun 7 kali hasil kalah dan 3 kali hasil imbang bersama hasil imbang dari pekan ini juga. Borneo FC pun mendapatkan 1 poin untuk pertandingan ini, begitu juga Arema Malang.

Menit ke-90'+1 Diego Michiels dari skuad Borneo FC menerima ganjaran kartu merah, karena berseteru dengan wasit dan menanduk wasit. Untungnya waktu saat itu sudah mendekati titik akhir laga, jadi bermain dengan 9 pemain tambah 1 kiper alias 10 pemain, tidak membuat Borneo FC bisa dibobol gawangnya oleh tuan rumah.




Senin, 31 Juli 2017



Gresik United 1 - 3 Bali United


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Lagi-lagi hasil positif mengakhiri laga Bali United, yang pekan ke-17 ini dijadwalkan bertandang ke kubu Gresik United. Kemenangan ini membuat Bali United melesat naik ke urutan 2 klasemen pekan ke-17.

Perolehan 32 poinnya Bali United pekan ini sama dengan perolehan poinnya Madura United yang berada di puncak klasemen. Namun Bali United masih kalah saing secara head to head putaran pertama melawan Madura United, membuat Bali United sementara ini harus menerima urutan 2.

Bersama dengan pekan ini, sudah 6 pekan Bali United tidak terkalahkan, ada pun dari 6 aktivitas terakhirnya 1 laga berakhir imbang saat bertandang ke markasnya Sriwijaya FC.

Sementara itu Gresik United, sejak pekan ke-6 awal musim sudah berada di urutan ke-2 dari bawah klasemen, dan sejauh sudah melakoni hingga pertengahan musim ini Gresik hanya memperoleh 1 kali kemenangan saja.

Gol dari Gresik United :
  • Arsyad Yusgiantoro - menit ke 69' - tim tamu sudah unggul 1 skor mengakhiri babak pertama, babak kedua Gresik berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, oleh striker mudanya Gresik yaitu Yusgiantoro memanfaatkan umpan panjang dari David Faristian.


Gol dari Bali United :
  • Achmad Faris Ardiansyah - menit ke 18' - gol pembuka untuk Bali United merupakan kesalahan gol bunuh diri dari bek-nya Gresik United, Achmad Ardiansyah melakukan kesalahan berusaha menghalau umpan serangan dari Yabes Roni pemain Bali United, malah memasukkan gol ke gawang sendiri.
  • Fadhil Sausu - menit ke 85' - skor sudah disamakan oleh Arsyad Yusgiantoro, Bali United berhasil kembali mengungguli tuan rumah dan kali ini bukan karena keberuntungan gol bunuh diri, melainkan hasil dari sepakan Fadhil Sausu yang membuat skor 2-1.
  • Sylvano Comvalius - menit ke 89' - sebelum mengakhiri laga, Bali United memantapkan keunggulan mereka dengan serangan balik dan membuat Syakir Sulaiman memberi kesempatan umpan ke arah gawang tuan rumah dan berhasil disukseskan oleh Sylvano Comvalius.


Skor 3-1 mengakhiri laga ini untuk kemenangan Bali United.




Rabu, 2 Agustus 2017



Sriwijaya FC 0 - 0 Perseru Serui


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17


Sebenarnya pekan ke-17 sudah selesai jadwalnya Senin (31/7) kemarin dengan pertandingan akhir Bali United berhasil mengalahkan tuan rumah Gresik United skor 1-3 saat itu.

Namun ini merupakan jadwal ekstra di pekan ke-17 ini, yaitu ada Sriwijaya FC yang menjamu Perseru Serui sebagai menuntaskan jadwal tunda dari pekan ke-12 lalu.

Sebelumnya Sriwijaya juga menjadi tuan rumah untuk Persipura Jayapura dalam aktivitas pekan ke-17 ini, dan dengan Persipura sedang semangatnya untuk menaikkan posisinya di klasemen atas, Sriwijaya sebagai tuan rumah hanya bisa bermain imbang menahan laju Persipura ke klasemen puncak.

Dan kali ini juga bertindak sebagai tuan rumah hanya berselang 3 hari dari saat menjamu Persipura, Sriwijaya kembali menerima hasil imbang sebagai tuan rumah menjamu Perseru Serui kali ini.

Sriwijaya yang memang aggresif dari awal laga tidak bisa menembus pertahanan Perseru Serui, dan babak pertama harus berakhir tanpa skor dari kedua tim ini. Melanjut ke babak kedua, Alberto Goncalves atau Beto mendapat kesempatan mencetakkan skor lewat hadiah penalti.

Namun sayangnya penalti untuk Sriwijaya di menit ke-63' tersebut gagal disukseskan Beto sebagaimana bola yang ditendangnya mampu diblok dengan baik oleh kiper Perseru Serui yaitu Sukasto Efendi.

Kesempatan kembali datang kepada Sriwijaya FC, menit ke-69' Boman Aimé harus menerima kartu kuning ke-2 nya membuat pemain asal pantai gading tersebut tidak dapat lagi memperkuat lini pertahanannya Perseru Serui pada menit itu.

Perseru Serui pun bermain dengan 10 pemain, namun Sriwijaya FC yang sering menekan tidak mampu menjebol gawang tamunya tersebut hingga waktu berakhir. Laga tunda dari pekan ke-12 lalu, Sriwijaya menjamu Perseru Serui harus berakhir imbang tanpa skor alias 0-0.



Berikut Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan ke-17


Laporan Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 17

  • Untuk tim yang perolehan poinnya sama menentukan urutan di klasemen, akan dinilai dari head to head mereka, jika head to head pertemuan imbang maka akan dinilai dari perbedaan *Selisih (membobol - dibobol) masing-masing tim. Jika kemungkinan sampai tahap tersebut masih sama, maka akan dinilai lagi dari jumlah perbedaan membobol gawang lawan, dan yang terakhir yaitu pilihan undi.





Keterangan Tabel Klasemen :

  1. Madura United : Naik - Pekan lalu Madura imbang jadi turun ke posisi 3, namun pekan ini kembali naik ke puncak untuk hasil menang 1-0 nya melawan PSM.
  2. Bali United : Naik - Memiliki 32 poin yang dengan Madura United, Bali United siap bersaing ketat untuk urutan puncak.
  3. Persipura Jayapura : Turun - Hasil imbang pekan ini berdampak Persipura harus turun ke posisi 3 dari pekan sebelumnya sempat mendiami puncak.
  4. Bhayangkara FC : Turun - Sudah konsisten 3 pekan menang berturut-turut sebelumnya, namun harus pupus oleh gol semata wayang Persija dimenit akhir injury time.
  5. PSM Makassar : Tetap - Meskipun pekan ini kalah, nyatanya PSM tetap di posisinya seperti pekan lalu, hal ini berkaitan dengan Persija masih kalah saing secara head to head untuk tempati urutan ke-5.
  6. Persija Jakarta : Tetap - Kemenangan tipis 1-0 pekan ini melawan Bhayangkara FC, seharusnya membawa Persija naik sedikit di klasemen, namun Persija masih kalah saing secara head to head untuk tempati urutan ke-5 dengan PSM.
  7. Arema Malang : Tetap - Arema juga tetap di posisinya pekan ini, setelah ditahan imbang 0-0 melawan Borneo FC.
  8. Mitra Kukar : Naik - Meski hanya 1 poin untuk hasil pekan ini, Mitra Kukar bisa naik tangga 1 peringkat sementara ke urutan 8 ini.
  9. PS TNI : Naik - Menang 2-1 melawan Semen Padang membuat PS TNI bisa naik lagi ke urutan 9 dari sebelumnya pekan lalu berada di urutan 11.
  10. Persela Lamongan : Naik - Naik 3 peringkat, hasil dari kemenangannya dari persaingan yang ketat pekan ini 3-2 melawan Barito Putera.
  11. Pusamania Borneo : Turun - Imbang tanpa produktivitas gol sama sekali alias 0-0 di kandang Arema, Borneo FC pun turun 1 peringkat saja.
  12. Barito Putera : Turun - Kebalikannya dari Persela yang naik peringkat di klasemen sementara, maka Barito Putera pun turun karena kekalahannya.
  13. Semen Padang : Turun - Dari posisi 12 pekan lalu, Semen Padang turun 1 peringkat menjadi posisi 13 sementara ini.
  14. Persib Bandung : Tetap - Buruknya penampilan Persib belakangan ini, membuatnya sudah berdiam di posisi 14 ini selama 2 pekan.
  15. Sriwijaya FC : Tetap - Bermain 2 kali pekan ini yaitu sudah menuntaskan jadwal tundanya, nyatanya Sriwijaya tidak berhasil memenangkan 1 pun laga kandangnya.
  16. Perseru Serui : Tetap - Pekan ini mendapat total 4 poin dari hasil 2 kali aktivitasnya yaitu menang sekali dan imbang sekali, namun Perseru Serui tetap di posisinya karena masih 6 poin selisih untuk mengejar Sriwijaya di luar zona merah.
  17. Gresik United : Tetap - Gresik memiliki perolehan poin yang sama dengan Persiba sebanyak 7 poin, namun Gresik sedikit lebih unggul dalam hal head to head.
  18. Persiba Balikpapan : Tetap - Seperti yang sudah kita ketahui Persiba sudah menempati posisi dasar dari awal musim, dan akan sangat sulit menaikkan posisinya lagi, dibutuhkan kemenanangan berkali-kali dengan poin penuh agar terbesar dari zona merah, tapi itupun pasti sangat mustahil.






Anda juga bisa membaca ringkasan tentang aktivitas pekan ke-16 sebelumnya : Hasil Dan Update Klasemen Liga 1 Indonesia Setelah Pekan 16






Dari hari Rabu (2/8) aktivitas terakhir pekan ke-17, berikutnya yaitu pekan ke-18 untuk jadwal Liga 1 Indonesia baru akan berlanjut pada hari Jumat (4/8) ini. Ikutin terus perkembangan kompetisi sepak bola divisi teratas di tanah air, Liga 1 Indonesia, berita, hasil dan update klasemen setiap pekannya.


Dukung Terus Persepakbolaan Indonesia Kita. Salam Olahraga.






Artikel Ini Disediakan Oleh : Mesinjudi.com - Bandar Bola Online Terpercaya
Kenal kami lebih dekat lagi di :
Livechat : Mesinjudi.com atau Mesinjudi.net
BBM : 2BF1F517
SMS atau WA : +855967636965 (pakai +855)
LINE : mesinjudi88
WECHAT : mesinjudi
YAHOO MESSENGER : mesinjudi88@yahoo.com
FaceBook : @SeputarBola88
Twitter : @bolakuberita
Google+ : Mesin Judi
Tumblr : mesinjudi
Linkedin : Mesinjudi Agen Taruhan Online