UPDATE | Hasil Dan Klasemen Liga 1 Indonesia Pekan Ke 13

UPDATE | Hasil Dan Klasemen Liga 1 Indonesia Pekan Ke 13

UPDATE | Hasil Dan Klasemen Liga 1 Indonesia Pekan Ke 13


Dunia Olahraga, Liga 1 Indonesia 2017 - Aktivitas sepak bola divisi teratas Indonesia, 2017 Liga 1, kini sudah menuntaskan pekannya yang ke-13 dengan rata-rata setiap tim yang bersaing sudah melakukan 13 aktivitas pertandingan sistem round-robin (setiap tim akan bertemu dengan masing-masing tim lainnya sebanyak dua kali status kandang juga tandang).


Musim 2017 ini Liga Indonesia sudah dimulai dari 15 April 2017 lalu dan jika berjalan lancar maka jadwal akan berakhir sekitar 12 November 2017 mendatang. Dengan total 18 klub sepakbola Indonesia divisi utama yang bersaing untuk melakukan total 34 pertandingan mengumpulkan poin dari setiap aktivitas masing-masing untuk urutan di klasemen pada akhirnya.


Kompetisi sudah berjalan hingga pekannya yang ke-13 mulai dari Jumat (7/7) lalu dan berakhir di hari Senin (10/7). Adapun pastinya naik-turun di klasemen menjadi hal biasa dalam perjalanan kompetisi, sebagaimana penampilan setiap tim bisa saja menang dalam aktivitasnya ataupun harus tertunduk menerima kekalahannya.


Berikut kita rangkum masing-masing pertandingan di pekan ke-13 ini dari jadwal hari pertama hingga terakhir.



Jumat, 7 Juli 2017



Pekan ke-13 dimulai dengan pertandingan di Stadion Aji Lembut di Tenggarong tempat bertanding tuan rumah Mitra Kukar menjamu Semen Padang sebagai tamunya dalam aktivitas kali ini.


Dari pekan sebelumnya Mitra Kukar harus ditaklukkan telak oleh tuan rumah Persipura dengan skor 6-0 artinya tanpa balasan. Sebaliknya Semen Padang pada pekan sebelumnya itu bisa menang dengan skor tipis 1-0 Persela Lamongan.


Pada kesempatan pekan ke-13 ini Mitra Kukar dan Semen Padang dipertemukan, dan laga dimulai dengan tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Namun serangan demi serangan belum berbuah hasil, sementara Semen Padang pun sedikit tertekan sedari awal pertandingan.


Babak pertama sudah hampir selesai dengan tambahan sedikit waktu injury time, Mitra Kukar berhasil menjebol gawang Semen Padang dimenit ke-45'+2 lewat sepakan pemain asal Korea Selatan Oh In-kyun. 1-0 menutup laga babak pertama untuk keunggulan tuan rumah.


Melanjut ke babak ke-2, Semen Padang pun tampak lebih aggresif memulai laga kembali setelah jeda istirahat, namun Mitra Kukar menambah ke-fokusan permainan mereka. Hingga 15 menit waktu tersisa, permainan pun tampak melunak, tapi masih sama-sama kuat menjaga pertahanan sekaligus serangan.

Skor 1-0 akhirnya mengakhiri laga pembuka pekan ke-13 ini dengan kemenangan Mitra Kukar.

----------------------------------------------------------------

Masih dari hari pertama pekan ke-13, ada Arema Malang yang menjamu Sriwijaya FC. Pekan ini adalah aktivitas ke-12 bagi Sriwijaya FC sebagaimana ada 1 kali tunda dari pekan sebelumnya melawan Perseru Serui.


Arema Malang bisa dibilang sedang dalam melanjutkan belum terkalahkannya dari 3 aktivitas sebelumnya, meskipun hanya ada 1 kali kemenangan dan 2 laga imbang itupun skor 0-0. Arema Malang optimis untuk laga kali ini melawan Sriwijaya FC yang memang sedang kegalauan karena timnya masih berkutat di daerah bawah klasemen.


Pertandingan ini menjadi seru dengan Arema Malang tampil lebih percaya diri didepan dukungan fans di kandang sendiri, namun Sriwijaya juga bertahan dengan hati-hati sambil melancarkan serangan juga.


Menit ke-32' Cristian Gonzáles berhasil membuka keunggulan tuan rumah 1-0, lewat umpan matang yang diberikan Ahmad Bustomi. Arema semakin yakin dengan laga ini dengan keunggulan 1 skornya, tuan rumah ini semakin semangat. Namun kesalahan terjadi menjelang akhir babak pertama di waktu-waktu injury time, Ahmad Alfarizi melakukan handsball yang menyebabkan wasit memberi hadiah penalti ke tim Sriwijaya.


Eksekusi pun berhasil dilakukan Albeto Goncalves yang tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, 1-1 mengakhiri laga babak pertama.


Tanpa beban karena kedudukan masih imbang, Sriwijaya pun bermain lebih menekan memulai babak kedua ini, hasilnya tidak begitu lama menit ke-57' kembali oleh Alberto Goncalves yang sukses meneruskan tendangan yang belum sukses dari Hilton Moreira. Sriwijaya unggul sementara 1-2.


Keunggulan tersebut memacu tuan rumah langsung menekan tamunya tersebut, tanpa basa-basa hanya sekitar 5 menit kemudian dari gol Sriwijaya terakhir, Arema Malang langsung membobol gawang Sriwijaya menit ke-62' lewat tendangan Dendi Santoso.


Seakan mengikuti irama pertandingan yang sedang bagus untuk Arema Malang, tuan rumah ini langsung melanjutkan kembali keunggulannnya dimenit ke-68' lagi-lagi oleh Dendi Santoso yang menyundul bola dari rekannya Adam Alis Setyano.


Menit ke-71 Sriwijaya FC harus bermain dengan 10 pemain, karena Yoo Hyun-goo menerima kartu kuning keduanya. Untungnya tidak ada tambahan kebobolan ke gawang Sriwijaya oleh sang tuan rumah, namun Sriwijaya harus menerima kekalahan skor kompetitif 3-2 kemenangan Arema Malang di kandangnya.

----------------------------------------------------------------



Sabtu, 8 Juli 2017



Kita lanjut dari aktivitas hari selanjutnya masih di pekan ke-13 Liga 1 Indonesia, ada pertandingan dari sesama klasemen bawah Perseru Serui yang menjamu Gresik United.


Kedua tim ini memang sedari awal-awal kompetisi berada di klasemen bawah area degradasi, berturut-turut Perseru Serui di urutan 16 dan Gresik United berada di urutan ke-17.


Sudah 12 aktivitas sejauh ini terlihat kurang memaksimalkan penampilan mereka, sehingga sering mendapat hasil kurang memuaskan dari aktivitas persaingannya sejauh ini. Artinya jika sampai akhir seperti ini kedua tim akan terkena sanksi diturunkan ke divisi Liga 2 di musim mendatangnya.


Perseru Serui dan Gresik United sama-sama hanya menerima 1 kali kemenangan sejauh ini, harapan kedua tim setidaknya ada pada laga ini. Sebagaimana kedua tim sama-sama sedang berjuang dari bawah klasemen dan sangat menginginkan poin tambahan.


Beruntung untuk Perseru Serui kali ini, laga ini berhasil dimenangkannya dengan skor tipis 1-0 dan memberikan tambahan 3 poin ke dalam peringkat klasemennya. Kemenangan ini menjadi kemenangan ke-2 bagi Perseru Serui dan membuat perolehan poinnya menjadi 9 poin, memperlebar jarak terhadap Gresik United yang tetap memiliki 6 poin satu urutan dibawah.


Kemenangan ini didapat saat Sílvio Escobar berhasil mencetak gol ke gawang Gresik United di menit ke-25 pertandingan. Adapun sang tamu ingin menyamakan kedudukan, namun hingga pertandingan berakhir tidak berhasil. Skor 1-0 cukup untuk mewujudkan keinginan Perseru Serui mengungguli lawannya kali ini.

----------------------------------------------------------------

Lalu jadwal kedua ada Persela Lamongan yang berhadapan dengan Borneo FC. Sudah 2 pekan sebelumnya Persela selalu dapat kekalahan dalam aktivitasnya, keduanya sama-sama berakhir dengan skor kekalahan Persela 1-0 saat melawan Persipura dan Semen Padang.


Namun laga melawan Borneo FC ini, tampak skuad Persela sedikit percaya diri menghadapi tamunya tersebut. Bagaimana tidak, Borneo FC memang terkenal tangguh sejauh ini dalam laga kandangnya dengan rekor tak terkalahkannya. Namun, untuk urusan laga tandang atau peran sebagai tim tamu bagi Borneo FC, dari awal turnamen hingga saat ini belum ada catatan kemenangan sama sekali.


Bertanding di kandang Persela Lamongan kali ini yang meskipun tidak diperkuat dengan tim inti, Borneo harus bekerja keras untuk menahan penampilan menyerang sang tuan rumah.


Di menit ke-23' Persela Lamongan pun langsung membuka skor keunggulan lewat tendangan Muhammad Agung Pribadi yang menggolkan gawang Borneo, hasil dari umpan dari sisi kanan yang diberikan Samsul Arif.


Hanya berselang 7 menit kemudian, ada Eka Ramdani yang mencetak gol ke-2 untuk Persela Lamongan. Sementara skor 2-0 dengan Borneo berusaha membalas namun serangan tim tamu gagal memasuki daerah pertahanan sang tuan rumah.


Tidak terasa pertandingan sudah berlanjut ke babak kedua, dengan sistem masih sama Borneo FC terus mengejar ketertinggalan skor laga saat itu. Sedikit kesulitan tampaknya dari Borneo FC mendekati area gawang Persela.


Barulah di menit ke-69', saat pemain Persela Lamongan Eky Taufik dinilai wasit melakukan pelanggaran di area kotak penalti terhadap pemain Borneo FC Terens Puhiri. Kesempatan eksekusi penalti pun didapatkan Borneo dan disukseskan oleh Flávio Beck Júnior, membuat skor berubah jadi 2-1 sementara itu.


Pertandingan sudah hampir berakhir, memasuki masa tambahan waktu injury time, Persela Lamongan gantian mendapat hadiah penalti dari wasit setelah Nadeo Argawinata melakukan pelanggaran terhadap Samsul Arif. Persela Lamongan pun memantapkan kemenangannya menjadi 3-1 dan menambah rekor Borneo FC memang tidak bisa menang di laga tandangnya sejauh ini.

----------------------------------------------------------------

Jadwal selanjutnya masih dari hari yang sama, ada Persija Jakarta yang akan menghadapi Persipura Jayapura di aktivitas pekan ke-13 ini. Kedua tim sedang bersaing untuk mempertahankan persaingan dari klasemen bagian atas.


Persipura pekan lalu berhasil naikkan posisinya dari urutan ke-4 menjadi ke urutan 3 klasemen pekan ke-12, setelah mengalahkan Mitra Kukar secara telak skor 6-0. Persija pun cukup bagus berada di urutan ke-5 hingga pekan lalu, sebagaimana terhitung mulai dari pekan ke-6 Persija tidak ada catatan kekalahan laganya, meski terkadang hanya bertanding imbang.


Hasil imbang didapatkan Persija dalam aktivitas pekan lalu, melawan tim dari klasemen bawah Gresik United, Persija hanya bisa bermain imbang dan laga berakhir dengan skor 1-1. Persija pun tidak menaikkan posisinya pekan lalu, namun tidak juga menurunkan posisinya alias tetap di posisi 5.


Persija dan Persipura dalam laga ini sama-sama bermain menekan, dan tim tamu Persipura yang bermain fantastis pekan lalu ingin mengulang kembali dalam laga ini namun tampaknya cukup sulit untuk menembus pertahanan Persija.


Meski beberapa ancaman serius dihantarkan Persipura kepada tuan rumah, namun masih belum berhasil memberikan gol pembuka hingga akhir babak pertama masih imbang tanpa skor.


Memasuki babak ke-2, meskipun kedua tim sama-sama bermain lebih aggresif, namun Persipura Jayapura akhirnya lebih dulu memecahkan kebuntuan saat itu. Baru 5 menit laga sejak babak kedua dimulai, Addison Alves berhasil menggolkan skor pertama dimenit ke-50' untuk Persipura dan mengubah skor sementara 1-0 untuk tim tamu.


Tidak terima akan gol dari tamunya tersebut, Persija pun membalas 3 menit kemudian menyamakan kedudukan menjadi 1-1, oleh gol dari Willian Pacheco yang berhasil meneruskan tendangan bebas dari Sandi Darma Sute dimenit ke-53'.


Meskipun kedua tim berusaha kembali irama permainan mereka dengan lebih intens namun pertandingan tetap masih imbang 1-1 mengakhiri laga ini.

----------------------------------------------------------------



Minggu, 9 Juli 2017



Masih sama ada 3 jadwal juga di hari ini, dengan pertandingan pertama kita bahas yaitu antara PSM Makassar dan Bhayangkara FC. Kedua tim ini lanjut ke aktivitas pekan ini setelah pekan sebelumnya masing-masing tim mendapatkan kekalahan.


PSM Makassar yang bertahan di puncak klasemen hingga saat ini, terhitung kekalahan pekan 12 kemarin sudah menjadi kekalahan yang ke-3 untuk PSM. Untungnya tim Makassar tersebut masih bertahan di puncak meskipun memperdekat jarak dengan pesaing lain di peringkat bawahnya.


Bhayangkara FC juga sempat bertahan 2 pekan di urutan ke-3, hasil kalah tipis 0-1 dari Barito Putera pekan lalu membuat Bhayangkara pun turun 1 peringkat. Melanjut ke aktivitas ini dengan antisipasi yang positif namun sedikit berat melawan PSM dari puncak klasemen.


PSM langsung mendapatkan gol pertamanya melawan Bhayangkara FC dimenit ke-18' berjalannya laga, Syamsul Chaeruddin sebagai pencetak gol pertama untuk keunggulan tuan rumah. Hingga pertandingan babak pertama berakhir skor tersebut bertahan 1-0.


Babak kedua pun dimulai kembali, PSM mempertahankan permainan mereka dengan langsung menyerang tim tamu. Namun pertahanan Bhayangkara semakin ketat mengawal lini serang PSM.


Barulah saat laga sudah hampir berakhir, menit ke-87' PSM kembali mendapat kesempatan berupa tendangan penalti. Hal ini diberikan wasit karena Wiljan Pluim gelandang PSM jatuh disinyalir bertabrakan dengan Muhamad Sahrul Kurniawan beknya Bhayangkara.


Kesempatan penalti tidak disia-siakan PSM dengan eksekusi disukseskan oleh Reinaldo Costa, skor pun menjadi 2-0. Tidak perlu berlama-lama karena pertandingan semakin menipis waktunya, Bhayangkara langsung memberikan serangan balasan. Menit ke-88' Lee Yoo-joon memberi tendangan jarak jauh dan gol ke gawang PSM, 1 skor bertambah untuk Bhayangkara.


Namun hingga laga berakhir, Bhayangkara tidak berhasil mengejar ketertinggalan 1 angka dari PSM, 2-1 skor akhir pertandingan untuk kemenangan tuan rumah PSM Makassar.


----------------------------------------------------------------

Laga lainnya, yaitu Barito Putera yang pada pekan ini dijadwalkan untuk menjamu tim dari dasar klasemen Persiba Balikpapan. Sudah 2 pekan sebelumnya Barito konsisten mendapatkan hasil menang dari aktivitasnya, sedangkan Persiba seperti biasa terjebak di dasar klasemen karena penampilannya yang kurang bagus.


Barito Putera pun melanjutkan tren positifnya dengan mengalahkan Persiba Balikpapan pada pekan ke-13 ini, dengan skor tipis 1-0 cukup memberikan 3 poin penuh kepada tim tuan rumah.


Meskipun begitu pertandingan ini sempat hanya berakhir 0-0 hingga babak pertama berakhir, meskipun Barito Putera terus memberi tekanan terhadap tamunya. Sempat Persiba membuka peluang membuka keunggulan, untungnya penyelamatan dari kiper Barito pun berhasil.


Beberapa peluang lain dari kedua tim pun terasa sia-sia, skor babak pertama bertahan dengan tanpa gol. Bahkan berlanjut ke babak kedua pun pertandingan terasa hampa tanpa adanya gol yang dicetak di sela-sela serangan yang terjadi.


Barulah dimenit ke-85' Rizky Pora memberikan umpan yang cantik dan berhasil disukseskan oleh Dandi Abdulkak menjadi gol pembuka untuk Barito Putera menjelang akhir pertandingan. Keunggulan 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan untuk kemenangan Barito Putera.


Kemenangan ini menambah rekor Barito Putera menjadi 3 pekan berturut-turut menang, sedangkan untuk Persiba Balikpapan kekalahan ini menjadi kekalahannya yang ke-11 dengan hanya 4 poin saja dari 13 kali berlaga sejauh ini.


----------------------------------------------------------------


Memasuki malam jam 18:30 WIB di hari yang sama, Madura United ada jadwal menjamu Persib Bandung. Melirik pekan sebelumnya, Madura United gagal mematahkan rekor kemenangan kandang Borneo FC, saat Borneo mengalahkan Madura United 3-0 pada pekan ke-12 sebelumnya.


Bahkan dengan Madura United yang sedang berposisi di 2 besar pun, tidak berhasil mematahkan kenyataan bahwa Borneo sangat susah dikalahkan jika berlaga di kandang sendiri. Pekan lalu menjadi bukti bahwa Borneo kembali menang di kandangnya dengan skor laga 3-0 atas kekalahan Madura.


Disisi lain, Persib Bandung pun sedang dalam performa mereka yang kurang stabil. Meskipun pekan sebelumnya Persib memang menang 2-1 atas PSM, namun kemenangannya tersebut masih membuat Persib berkutat di urutan 10 klasemen.


Madura United langsung menyerang sedari awal pertandingan melawan Persib ini. Tidak begitu mudah sebagaimana Persib lebih berhati-hati dan lebih menunggu serangan di lini pertahanan untuk dinetralkan ketimbang terburu-buru menyerang.


Namun sayangnya Persib Bandung melakukan pelanggaran dimenit ke-20', membuat Madura United mendapat kesempatan penalti yang berhasil dieksekusi Peter Odemwingie menjadi skor pembuka 1-0 untuk Madura United.


Meskipun Persib meningkatkan irama permainan mereka, namun barisan pertahanan Madura selalu berhasil menggagalkan serangan Persib. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.


Melanjut babak kedua, Persib inisiatif menyerang lebih dulu ke area Madura United. Berhasil mencetak gol, namun sayangnya gol tersebut dinilai wasit dalam keadaan salah satu pemain Persib berada pada titik off-side.


Sempat ada protes namun keputusan wasit tidak berubah dan pertandingan berjalan kembali. Madura United kembali menggandakan keunggulan mereka, masih sumbangan dari Peter Odemwingie dimenit ke-66' yang berhasil memanfaatkan bola yang dihantarkan Greg Nwokolo.


Unggul 2-0 Madura United sempat mengendurkan sedikit permainannya, 6 menit kemudian Persib memperkecil selisih skor dengan mencetak gol dimenit ke-82' oleh tendangan dari Raphael Maitimo.


Skor 2-1 langsung dimantapkan oleh Madura United menjadi 3-1 pada menit ke-87', setelah Greg Nwokolo menerima bola yang dilepaskan Bayu Gatra dan berhasil menggolkan ke gawang Persib. Skor 3-1 pada akhir mengakhiri pertandingan untuk kemenangan Madura United dan memberi kekalahan tambahan kepada Persib Bandung.


----------------------------------------------------------------



Senin, 10 Juli 2017



Satu jadwal terakhir untuk aktivitas pekan ke-13 ini, yaitu ada PS TNI yang menjamu Bali United. Pertandingan ini termasuk laga yang seru dari jadwal pekan ke-13 ini, total 7 gol terjadi mewarnai persaingan yang sengit namun pada akhirnya dimenangkan oleh Bali United.


Meskipun kondisi cuaca hujan, pertandingan ini begitu sengit dari PS TNI sebagai tuan rumahnya dengan lawannya kali ini Bali United yang sedang mencoba bangkit kembali terhitung pekan sebelumnya setelah hasil buruk dari pekan 10 dan 11.


Irfan Bachdim membuka keunggulan untuk Bali United pada menit ke-19' skor 1-0 berhasil diciptakan memanfaatkan umpan dari Sylvano Comvalius. Tidak lama kemudian barisan pertahanan PS TNI tidak sanggup menahan serangan Bali United lagi, Marcos Flores memberikan bola terobosan dan berhasil dicetak oleh Sylvano Comvalius dimenit ke-23'.


Skor 0-2 untuk keunggulan tim tamu, membuat tuan rumah PS TNI memperkencang serangan mereka. PS TNI berhasil mencetak 1 gol pembuka untuk tuan rumah pada menit ke-33' oleh Élio Martins yang menyambut umpan silang dari Erwin Ramdani. Skor pun berubah menjadi 2-1.


Namun lagi-lagi Bali United tidak ingin memberikan kesempatan bagi tuan rumah ber-hiporia, menit ke-36' Irfan Bachdim kembali mencetak gol untuk Bali United menambah angka menjadi 3-1 setelah menerima umpan cantik dari Nick van der Velden. Skor ini bertahan hingga akhir babak pertama.


Merasa sangat ketinggalan sebagai tuan rumah gawangnya dibobol 3 kali PS TNI pun memanas, baru 2 menit babak kedua berlangsung Ganjar Mukti memberikan sundulan di area gawang Bali United, disambut Erwin Ramdani yang mencetak skor ke-2 untuk PS TNI. Skor pun berubah menjadi 2-3.


PS TNI menjaga ritme permainan mereka tanpa mengendurkan pertahanan, benar saja menit ke-58' gol kembali terjadi untuk skor tuan rumah, Facundo Talín berhasil menyamakan kedudukan dengan sundulannya hasil umpan dari Roni Sugeng. Skor pun menjadi imbang 3-3.


PS TNI tidak terlalu ada beban lagi karena kedudukan sudah menjadi netral, memprediksi setidaknya akan berakhir imbang untuk laga kandangnya kali ini. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Bali United.


Tim tamu Bali United lewat tendangan Fadhil Sausu menambah skor pada menit ke-87' hasil kerja sama dengan Irfan Bachdim yang tidak berhasil dibendung kiper tuan rumah. Skor 3-4 mengakhiri laga untuk kekalahan tuan rumah PS TNI ditangan Bali United.




Berikut UPDATE | Klasemen Liga 1 Indonesia Pekan Ke 13


UPDATE | Hasil Dan Klasemen Liga 1 Indonesia Pekan Ke 13




Keterangan Klasemen Setelah Pekan Ke-13 Ini :


Dari urutan pertama masih ada PSM Makassar yang bertahan di puncak klasemen dengan kemenangannya 2-1 dari Bhayangkara FC. Madura United pun masih tetap berada di posisinya ke-2 sebagaimana juga memenangkan aktivitas pekan ini melawan Persib Bandung.


Hal yang sama didapatkan Persipura Jayapura juga bertahan di urutan ke-3 klasemen atas melengkapi 3 besar tabel sementara, meskipun hanya bermain imbang 1-1 melawan Persija pekan ini.


Bali United naik menjadi ke urutan 4 dari posisi 7 pekan sebelumnya, setelah memenangkan jadwal terakhir pekan ini melawan PS TNI. Sebaliknya, PS TNI menjadi turun ke posisi 12 pekan ini dari yang sebelumnya berada di urutan ke-10.


Naik satu peringkat yaitu Barito Putera berada di urutan ke-5 dari sebelumnya berada di posisi ke-6. Aktivitas pekan ini berhasil dimenangkan Barito Putera dengan skor tipis 1-0 melawan Persiba Balikpapan yang semakin mantap menetap di dasar klasemen.


Arema Malang naik menjadi ke posisi 6 setelah menang dari Sriwijaya dengan skor 3-2, Sriwijaya FC masih menetap di urutan ke-15 dengan hasil kalah tersebut, dengan catatan masih melakukan 12 kali aktivitas karena ada 1 kali laga tunda dari pekan ke-12 melawan Perseru Serui.


Menempati posisi ke-7 klasemen sementara ada Bhayangkara FC yang turun dari posisi 4 pekan sebelumnya, hal ini karena Bhayangkara oleh PSM Makassar dalam aktivitas pekan ini.


Mitra Kukar naik 3 peringkat, dari posisi 11 pekan sebelumnya menjadi urutan ke-8 pekan ini. Jadwal Mitra Kukar di awal pekan ini sukses dimenangkannya melawan Semen Padang dengan skor tipis 1-0. Hal ini pun membuat Semen Padang turun ke urutan 14 dari posisi sebelumnya di urutan 13.


Selama 2 pekan berada di posisi 5, Persija Jakarta pun turun 4 peringkat menjadi ke posisi 9, karena sudah 2 pekan bersama pekan ini hanya menghasilkan laga imbang.


Lalu ada Persela Lamongan yang naik ke urutan 10 dari posisi 14 pekan sebelumnya, mengalahkan Borneo FC 3-1 berhasil menambah poin bagi tim Lamongan ini. Borneo FC pun turun 1 peringkat saja dari 12 ke urutan 13 pekan ini.


Persib Bandung turun menjadi ke posisi 11 dari pekan sebelumnya sempat naik di posisi 8 klasemen. Kalah bersaing melawan Madura United pekan ini dengan skor 3-1.


Meskipun menang pada aktivitas pekan ini, Perseru Serui harus menetap di posisinya urutan 16, dengan catatan masih ada 1 laga tunda dari pekan ke-12 bersama Sriwijaya FC.


Melengkapi klasemen bawah ada dua tim yang sama-sama mendapat kekalahan pada pekan ini memantapkan posisi kedua tim di klasemen bawah. Ada Gresik United tetap di urutan ke-17 sama juga dengan Persiba Balikpapan yang semakin menetap di dasar klasemen.



NAIK
TETAP
TURUN



Pekan ke-14 untuk jadwal Liga 1 Indonesia sudah berlanjut tancap gas dari tanggal 11 Juli kemarin. Ikutin terus perkembangan kompetisi divisi teratas di tanah air, Liga 1 Indonesia, berita, hasil dan update klasemen setiap pekannya.



Dukung Terus Persepakbolaan Indonesia Kita. Salam Olahraga.







Artikel Ini Disediakan Oleh : Mesinjudi.com - Bandar Bola Online Terpercaya
Dapatkan Jadwal + Prediksi Bola Setiap Harinya Secara GRATISS..
Di :
BBM : 2BF1F517
WA : +855967636965
LINE : mesinjudi88